Heart Under Blade Blog

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGGAJIAN PADA TOSERBA GEJAYAN YOGYAKARTA

Posted on: October 22, 2009

ANALISIS  TENTANG PENGGAJIAN

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka sebuah perusahaan haruslah mengatur pembagian tugas perusahaan sedemikian rupa. Bentuk dari pembagian tugas itu dapat digambarkan ke dalam suatu struktur organisasi atau bagan organisasi, sistem yang akan dikomputerisasi ialah karyawan bagian produksi. Para pegawai tersebut merupakan tenaga kerja dimana pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh pegawai tersebut dibayarkan berdasarkan jumlah hari kerja, jam kerja atau jumlah satuan produk yang dihasilkan oleh pegawai.

Sistem penggajian bagian produksi ini melibatkan fungsi kepegawaian, fungsi keuangan dan fungsi pengawas. Fungsi kepegawaian bertanggung jawab dalam pengangkatan pegawai, penetapan tarif upah, promosi atau mutasi pegawai, penghentian pegawai dari pekerjaannya dan penetapan berbagai tunjangan, iuran serta potongan gaji pegawai. Fungsi keuangan bertanggung jawab atas pelaksanaan perhitungan dan pembayaran gaji pegawai, fungsi pengawas bertanggung jawab atas pengawasan produksi yang meliputi distribusi tenaga kerja serta jumlah produksi yang dihasilkan oleh setiap pegawai.
Setiap karyawan diwajibkan untuk memasukkan kartu pada mesin pencatat waktu sebelum dan sesudah bekerja, kemudian pengawas mengumpulkan recorder (absensi) tiap karyawan dan memeriksa serta men-total jumlah jam kerja dan jam lembur tiap karyawan untuk dimasukkan dalam time record. Time card tersebut diserahkan pada staff personalia yang memindahkan data yang ada ke jurnal harian karyawan. Selain itu pengawas juga menghitung jumlah produksi yang dihasilkan oleh masing-masing produksi.
Pada akhir periode (1 periode = 4 minggu), staff personalia akan menghitung jumlah gaji yang harus dibayarkan, berdasarkan data yang ada pada jurnal harian karyawan, daftar bonus, serta data karyawan ( untuk menentukan standar gaji kepada keuangan, yang bertugas membagikan gaji pada para karyawan. Staff keuangan juga bertanggung jawab dalam pembuatan kwitansi sebagai bukti tanda terima gaji.

UNTUK PENJELASAN DAN PENJABARAN LEBIH LENGKAPNYA COPY PASTE LINK DIBAWAH INI D TAB BARU, AMAK ANDA AKAN MELIHAT SELENGKAPNYA HAL DI ATAS


SETELAH MELIHAT PENJELASAN DI ATAS , BERIKUT PENDAPAT SAYA MENGENAI HAL TERSEBUT
..

analisis dan perancangan sistem penggajian sangatlah diperlukan dalam suatu perusahaan, karena bila tidak ada hal tersebut bisa menimbulkan kecurigaan dalam hal soal pengggajian, bila tidak dibuat analisis seperti itu, seluruh karyawan atau staf tak bisa melihat penjabaran bgaimana gaji atau upah bisa sampai pada mereka dan juga besar gaji yang mereka dapat atas hasil kerja mereka. dan semua itu terdapat penjabaran diatas.

MAAP BILA MASI BANYAK TERDAPAT KESALAHAN DALAM PENGERJAAN , KARENA SAYA KURANG MENGERTI APA YANG HARUS SAYA KERJAKAN DAN LAKUKAN..TERIMA KASIH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

October 2009
M T W T F S S
« Nov   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: