Heart Under Blade Blog

Penjelasan tentang komunikasi dan komunikasi yang paling efektif

Posted on: October 28, 2009

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih
dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
dengan bahasa nonverbal atau bahasa isyarat.

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gesture, dan broadcasting. Komunikasi
dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan.

Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat
ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.

Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik.

Komponen-komponen tersebut antara lain sebagai berikut.

Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengurumkan         pesan kepada pihak lain.

  • Penerima atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain

 

  • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.

 

  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.

Proses komunikasi

Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut.

  • Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.

 

  • Pesan (Message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat,  e-mail, atau media lainnya.

 

  • Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti kedua pihak.

 

  • Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

media komunikasi paling efektif

menurut saya media paling efektif saat ini adalah televisi, karena televisi merupakan media elektronik yang setiap saat selalu dlihat dan digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat , dibandingkan dengan media media yang lain, tidak hanya untuk berita saja , di bidang pemasaran produk suatu barang, televisi sangatlah cocok , dibandingkan dengan cara selebaran , pamflet atau semacamnya.

kesimpulan

seperti sekarang ini yang kita telah ketahui, perkembangan  media atau alat komunikasi sangatlah pesat, kita sebagai insan yang baik dan taat beragama , sebaiknya mengunakan media media tersebut untuk hal hal yang baik pula, dan tidak menyalah gunakan untuk sesuatu hal yang buruk dan merugikan orang banyak, karena apabila kita gunakan dan kelola sebagaimana mestinya maka akan bermanfaat untuk orang banyak….

sekian dari saya, thankz!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

October 2009
M T W T F S S
« Nov   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: