Heart Under Blade Blog

Kepuasaan Konsumen

Posted on: March 25, 2010

Menurut Philip Kotler (1997:36) Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

Apa saja yg bisa meningkatkan Kepuasan Pelanggan/ customer satisfaction :
– Kwalitas produk itu sendiri
– Kejujuran, tepat janji sesuai dgn propaganda yg di iklankan.
– Layanan yg sopan dan informatif kpd calon pembeli.
– Kemudahan dan kejelasan informasi produk.
– Layanan Purna Jual seperti, # penanganan claim/keluhan yg ramah dan cepat, # tersedianya suku cadang dan perawatan yg memadai.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen

Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .

Dengan kata lain ‘kepuasan pelanggan’ adalah customer yg merasa puas sebelum dan sesudah membeli produk kita yg pada giliran berikutnya menjadi pelanggan setia kita.

jadi intinya bila layanan  terlaksana dengan baik, maka kepuasan konsumen akan tercipta dengan sendirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: