Heart Under Blade Blog

Macam-Macam Os Handphone

Posted on: March 1, 2011

1. Symbian OS

Ponsel yang sudah mengaplikasikan Symbian OS memiliki kemampuan yang lebih
dibanding dengan generasi sebelumnya, hal ini dikarenakan system operasi
ini dibekali dengan kemampuan:

· Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel

· Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi
sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa
dan konten)

· Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudah
diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi
teknologi dan pemrograman interfaces (APIs)

· Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.

· Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan
inovasi yang diinginkan

· Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin
keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan
tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada.

2. Palm OS

Kelebihan Palm OS adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.

Kelemahan Palm OS yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm

3. Android OS

Kelebihan Android OS :
– Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.
– Karena pengembangannya gratis, maka aplikasinya pun rata2 gratis, sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android.
– Pemakaiannya mudah alias ga ribet (menurut orang yg sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android)
– Stabil dan aman, tidak seperti windows yg terkadang lag atau bahkan terkena virus.

Kekurangan Android OS:
– Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, tidak seperti iPhone atau WinOS yg bejibun aplikasinya
– Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
– Masih sedikit yg memakai OS ini

4. BlackBerry OS

BlackBerry OS adalah sistem operasi hanya digunakan oleh smartphone BlackBerry buatan RIM (Research In Motion). Sangat diminati Karena kemampuan push emailnya juga desain keyboard QWERTY sangat nyaman bila digunakan untuk meng-entry teks secara cepat dan tepat, sehingga cocok untuk disebut sebagai smartphone khusus untuk beremail ria. Tahun diperkenalkan 1994.
– Kelebihan : merupakan multiple Push Email yang terbaik saat ini, sinkronisasi nirkabel (tanpa kabel seperti Bluetooth dan infra red) yang lengkap, sistem keamanan berlapis yang menjamin keselamatan data penting kita.
– Kekurangan : browser Web masih kurang bagus, ada biaya tambahan untuk menikmati layanan BlackBerry yg kita pakai, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi

5. Mac OS x

– Kelebihan : Pada konsepnya Sistem operasi ini dirancang memiliki keunggulan untuk game, koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level, sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun, Browser Safari yang dimiliki sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik sekarang. responsif dan intuitif, browser web terbaik saat ini, pemutar musik sangat bagus dari segi antarmuka maupun kualitas suara, , adanya toko aplikasi online App Store yang menyediakan ribuan aplikasi dan game yang siap didownlod secara langsung.

– Kekurangan : tidak multitasking, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi, proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat, aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store, bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file, entry teks kurang nyaman. Sehingga dapat dibilang sistem operasi ini terlalu protect dalam hal penyediaan aplikasinya dan hanya berpedoman dengan satu penyedia aplikasi.

6. WINDOWS MOBILE (WinMo)

Windows Mobile sendiri dibagi 2, yaitu versi Standard untuk ponsel non-touchscreen dan versi Professional untuk ponsel layar sentuh.
– Kelebihan : fitur kantoran yang sangat lengkap ditambah integrasi dengan layanan Microsoft Outlook dan Exchange menjadikan Windows Mobile perangkat smartphone paling powerful bagi para pebisnis, kemudahan tweaking, kapabilitas multitasking menjadi andalan OS ini

– Kelebihan : kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam, sistem operasi terkesan lambat, kurang responsif serta agak boros baterai, lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: