Heart Under Blade Blog

List Bahasa Gaul

Posted on: March 1, 2011

1.PERTAMAX

Kata ini sangat terkenal sekali di forum dunia maya, yaitu kaskus . pertamax berarti, disaat seseorang member kaskus mengomentari sebuah thread yang dibuat oleh member lain, dan dia adalah orang yang pertama kali mengomentari thread tersebut, maka ia akan  berkata “PERTAMAX”.

Contoh : ane pertamax gan!!

 

2.PEJWAN

Kata ini juga terkenal di kaskus. Pejwan berarti “komentar yang berada pada halaman yang sama dengan tulisan thread nya” Alias page One!.
Kata pejwan digunakan apabila pertamax sudah dipakai oleh member lain.

Contoh : ane gag dapet pertamax, pejwan juga gakpapa deh!

 

3.MAHO

Maho merupakan Kata paling popular jaman sekarang!. Maho merupakan singkatan dari “MANUSIA HOMO”. Kata ini digunakan untuk menggambarkan perilaku seorang laki-laki yang sepertinya menyimpang dari kodratnya, yaitu berhubungan dengan sesama lelaki juga. Kata maho lebih sering digunakan untuk becanda sesama anak muda, yaitu untuk memeriahkan suasana.

Contoh : dia lagy, dia lagy dasar maho lo!

4. ALAY
Singkatan dari Anak Layangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay sering diidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis. Penggunaan kata alay sekarang makin sering dipakai karena perkembangan pergaulan jaman sekarang pesat sekali. Kata alay juga biasanya dipakai untuk bahan becandaan antar sesame anak muda.
contoh : buset! Alay banget tuh orang! penampilannya heboh, bikin w pengen mencret liatnya!
5. LEBAY : singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak dan berlebihan karena sangat ingin mengikuti trend. Sikap kita juga bisa dikatakan lebay, apabila melakukan sesuatu hal secara berlebihan.
contoh : lebay banget tuh orang, kelakuannya berlebihan

6. JAYUS
Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu. Penggunaan kata ini juga semakin sering dipakai anak muda, untuk becanda dengan teman-temannya.Istilah Jayus populer di tahun 90an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman2nya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang pelukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidaklucu.
contoh : ikh, lawakan lo gag lucu banget deh! Jayus tenan.

7. GARING
Kata ini merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya kata-kata ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kota kelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.
contoh : garing banget lawakan lo, males deh dengernya
8. MENEKETEHE
Kata ini sebenarnya berasal dari kata “Mana Kutahu” dan diplesetkan oleh Tora Sudiro sekitar awal tahun 2000an, di acara Extravaganza TransTV. Istilah itu cukup populer dan saat ini cukup sering digunakan orang.

Contoh : eh c dodo kmana? Meneketehe deh

 

9. CING
Saya mensinyalir kata ini sudah sering digunakan sejak tahun 1970an. Hal ini saya ketahui saat menonton film Si Pitung Banteng Betawi yang dibintangi oleh (alm) Dicky Zulkarnaen. Belakangan, di tahun 90an, kata ini mulai sering digunakan orang lagi, terutama setelah sering digunakan Debby Sahertian di sitkom Lenong Rumpi. Kata “cing” biasa digunakan sebagai sapaan untuk teman dekat. Misalnya, “Mau ke mana, Cing?”

Contoh : mau Kemana cing? Ane ikut dong
10. EMBER
Kata ini merupakan plesetan dari kata “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.
contoh : eh eh dia kan pinter banget boongnya, Ember !

 

11. BONYOK
Kata ini merupakan singkatan dari Bokap-Nyokap (orang tua). Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kata ini, tapi kata ini mulai sering digunakan diperiode awal 2000an, ketika bahasa sms mulai populer di kalangan remaja.
Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah populer sejak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.
contoh : ane mau minta ijin dulu ya ama bonyok gw

 

12.CAPE DEH

Kata ini menggambarkan bila seseorang sudah lelah dengan kegiatan yang dia lakukan, dan sangat malas untuk melakukannya kembali. Kata ini juga sering dipakai oleh anak muda jaman sekarang.

Contoh : hah! Gw harus melakukan pekerjaan itu lagi? Cape deh!
13. SUTRALAH
Merupakan pemanjangan dan plesetan dari kata “Sudahlah”. Kata ini juga dipopulerkan oleh kaum waria dan mulai populer di tahun 90an akhir.

Contoh: yah dompet gw ilang, tetapi ya sutralah!

 

14. LOL
Kata ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itu merupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.

Contoh: haha lucu banget lawakan lo! LoL

15. AJIB
Artinya Enak, Asyik, atau Klabing. Kata ini mulai populer di tahun 90an tatkala musik trance dan narkoba jenis shabu2 baru mulai populer. Kata ini biasanya digunakan oleh para penikmat kedua hal itu. Istilah ini diambil dari suara hentakan tempo musik trance yang kalo didengar dengar teliti memang terdengar seperti “Ajib, ajib…. ajib, ajib….”.
contoh: ini makanan ajib bgt rasanya!

 

16. JABLAY
Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkan belaian kasih sayang kekasihnya.
contoh: eh eh si dia kan kerjanya ngejablay
17. GETHO LOH..
Kata ini berarti “Demikian / Begitu”, yang merupakan penekanan dari sebuah penjelasan yang disampaikan oleh sang pembicara. Kata ini cukup terkenal di tahun 2007, karena sering digunakan oleh para penyiar radio (terutama radio anak muda) setiap kali selesai menjelaskan sesuatu. Kata ini makin populer manakala sering digunakan dalam berbagai percakapan yang bernada jenaka (sekaligus norak) di berbagai acara televisi.
contoh: jadi ceritanya getho loh, apa sudah jelas?

 

18. SECARA
Kata ini sebenarnya adalah bahasa Indonesia, yang bermakna “Adalah”. Namun kata ini menjadi populer di tahun 2006an di kalangan siswa-siswi SMU yang menggunakan kata ini sebagai kata ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Contoh pemakaiannya :
a. Gua gak bisa ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…

Contoh: jelas aja nilai dia lebih tinggi, secara dia pinter banget

19. SEGEDE GAMBRENG
Kata “gambreng” berasal dari suitan anak-anak (hompimpah alaihum gambreng), yang menunjukkan siapa yang menang dalam suitan tersebut. Belakangan, sekitar tahun 2007an, kata ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang besar sekali (dan sulit diungkapkan dengan kata-kata).
contoh: buset! Badannya segede gambreng!
20. JUTEK
Berasal dari kata yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun 2000an untuk menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. Kata ini akhirnya menjadi kata umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.
contoh: jutek banget tuh cewek, males ngedeketinnya!
21. BT / BETE
Merupakan singkatan dari Boring Total. Tadinya orang menduga kata ini dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal kata ini sudah lama digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai populer dan digunakan di awal tahun 2000an.

Contoh: haduh bête banget hari ini, gak bisa kmana-mana gara-gara hujan

22. KAMSUD
Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.

Contoh: ngomong lo gag jelas, kamsud nya?

23. KATROK
Orang kampung / orang desa. Kata ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana saat membawakan acara Empat Mata sekitar tahun 2007an (kini berubah menjadi acara Bukan Empat Mata). Kata ini kemudian menjadi bahasa umum untuk menggambarkan orang yang kampungan / norak banget.

Contoh: dasar katrok lo semua!, ndeso juga

24. PRIKITIW
Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah melakukan perselingkuhan. Adalah Sule, seorang komedian lokal, yang melontarkan celutukan nakal yang kini menjadi bahasa pergaulan itu.

Contoh: Prikitiw! Udah jadian nih ye..
25. CUMI
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.

Contoh: napain lo miscall gw? Gag kok, cumi doang haha

 

26. KRIK
Adalah suara jankrik. Istilah ini biasaya digunakan dalam pembicaraan di dunia maya, untuk menggambarkan kondisi yang sangat garing / tidak lucu. Kata ini berasal dari adegan film-film kartun yang sering menampilkan suasana hening – dengan latar belakang suara jengkrik – mana kala seseorang bercanda namun tidak lucu. Pemakaiannya cukup sederhana, yaitu saat menanggapi komentar / ucapan seseorang, penulis tinggal menulis kata “Krik” berulang-ulang, menandakan bahwa penulis menganggap ucapan orang itu gak lucu banget.

Contoh: gag lucu banget deh(krik krik krik)

27. GAYUS
Merupakan sebutan sindiran untuk orang yang gila uang dan berusaha mendapatkan uang dengan berbagai cara yang tidak halal. Ungkapan ini populer di awal tahun 2010 setelah seorang pejabat pajak Negara bernama Gayus diciduk polisi lantaran ketahuan menilap uang negara sebesar Rp 67 milyar.

Contoh: akh, ngambil duit mulu lo! Gayus dasar!

 

28. NI YEE
Merupakan ungkapan yang dipopuerkan oleh pelawak (alm) Diran di tahn 1985an, yang kemudian sering digunakan oleh para artis seperti Euis Darliah dan Jaja Miharja. Kata ini sempat populer kembali sekitar medio 1990-1999. Saat ini masih dipakai, walau tidak seintens dulu.

Contoh: haha bibir lo dower ni yee! Gara gara makan sambel

29. GUE
Adalah bahasa “resmi” yang kini banyak digunakan oleh kebanyakan orang (terutama orang dari Suku Betawi) untuk menyebut “Saya / Aku”. Kata ini merupakan bahasa Betawi yang telah digunakan secara luas, jauh sebelum bahasa prokem dikenal orang.

Contoh: gue mau kerumah lo sekarang!

30. LO / LU
Sama seperti “Gue” kata ini pun sudah digunakan digunakan oleh Suku Betawi sejak bertahun-tahun lalu dan menjadi kata untuk menyebut “Anda / Kamu”.

Contoh: lo mau sama siapa dating ke rumah gue?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: