Heart Under Blade Blog

olahraga aman untuk penderita diabetes

Posted on: January 16, 2012

1) Pilih olah raga low impackberengan atau aerobik air merupakan bentuk olah raga yang lembut.Air mendukung tubuh sehingga mengurangi tekanan terhadap kaki yang diserang sakit saraf.Selain itu,Anda juga bias memmilih yoga dan taichi.Gerakan ini bias membantu keseimbangan dan relaksasi.
2) Atasi ketakutan dan mulailah secara perlahan.Memulai olah raga kadang – kadang bukan lah pekerjaan mudah.Cobalah mempermudah dengan memulai secara perlahan.Coba melakukan aktifitas fisik lima kali sehari dan tambahkan durasi secara bertahap dari hari ke hari.American Diabetess Association menganjurkan olah raga 30 menit sehari,lima hari seminggu.
3) Latih keseimbangan.Bangunlah keseimbangan kita dengan cara mengulang gerakan bangun dari kursi.Lakukan tiga kali berturut – turut.Pada awalnya,gunakan lengan kita untuk membantu kita bangun dan menahan tubuh.Selanjutnya,cobalah lakukan tanpa bantuan.Cara ini bias memperbaiki keseimbangan kita.
4) Latihan keseimbangan dengan satu kaki.Angkatlah salah satu kaki secara perlahan sehingga kita berdiri hanya dengan satu kaki.Cobalah untuk menahan posisi tersebut selama 40 detik,kemudian mengganti dengan kaki yang satu yang lainnya.Begitu kita bias lebih bak,cobalah dan seimbangkan lebih lama.
5) Jalan diatas bidang lurus.Kita tidak perlu menggunakan kabel untuk memastikan kelurusan,cukup ikuti dengan gerakan yang sama injakkan kaki tepat kedepan kaki yang lain saat kita melangkah.Tentukan sedikit litut kita dan kembangkan lengan untuk membantu kesimbangan.Untuk mendapatkan tangan ekstra,cobalah melangkah mundur.
6) Berinjit.berdirilah didekat kursi atau objek lain yang bias dijadikan pendukung.Secara perlahan,berdirilah hingga posisi jinjit dan tahan.Lakukan tiga kali.selanjutnya,cobalah tahan lebih lama.Gerakan keseimbangan seperti ini bias dilakukan setiap hari.Jika kita semakin percaya diri dengan keseimbangan,kita bisa menambahkan aktifitas lainnya.
7) Periksaan diri sebelum mulai.Sebelum melakukan satu bentuk olah raga,pastikan kita meminta dokter memeriksa jantung,kaki dan mata terlebih dahulu.Selain tiu,jangan lupa memeriksa kaki dan area lainnya yang berisiko cedera setelah berolah raga.Jika kita mengalami luka atau retakan ,pastikan melakukan perawatan ekstra untuk mencegah infeksi.
8) Pilih sepatu yang tepat dan bawa kudapan.Jika menderita diabetes,ada baiknya menyiapkan sepatu atletik yang nyaman.Sepatu ini membantu kita menghindari cedera kaki.selain itu,jangan lupa membawa kudapan sumber karbodinat untuk mengantisipasi kemungkinan gula darah kita turun saat berolah raga.Permen keras dan kismis bisa menjadi pilihan yang baik.

Referensi :
Koran SINDO,13 desember 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

January 2012
M T W T F S S
« Oct   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: