Heart Under Blade Blog

software-software RDBMS

Posted on: January 16, 2012

RDBMS merupakan software untuk mengontrol pembuatan, pemeliharaan dan penggunaan database relasional sebagai pengolah data. Program aplikasi end user memanfaatkan RDBMS ini untuk mempermudah operasional pengolahan data.Sebagai contoh, kasir yang menjalankan aplikasi pencatatan transaksi pada sebuah swalayan, tidak secara langsung mengisikan data ke RDBMS. Data transaksi akan dientri melalui sebuah aplikasi. Aplikasi inilah yang berkomunikasi dengan DBMS untuk meminta atau mendapatkan data dari RDBMS (misalkan data harga suatu barang, data stok suatu barang, data barang terlaris, dan sebagainya). Berikut adalah ulasan singkat beberapa RDBMS yang cukup populer:

1 Microsoft SQL Server

MS SQL Server pada awalnya merupakan kerja sama antara Microsoft dengan Ashton-Tate, perusahaan yang memproduksi aplikasi database terkenal pada tahun 1980-an, dBASE III. Seperti halnya sistem operasi Windows, Microsoft merilis MS SQL Server dalam berbagai edisi dengan fitur-fitur yang berbeda, misalnya SQL Server Compact Edition (yang dapat digunakan untuk aplikasi mobile), SQL Server Enterprise Edition (merupakan versi SQL Server yang fitur terlengkap, termasuk core database engine dan add-on service), SQL Express Edition (merupakan versi SQL Server yang didistribusikan secara gratis, dan tidak ada batasan untuk jumlah pengguna, namun dibatasi pada pemakaian satu processor, 1 GB memory,antara 4 GB file database), SQL Server Standard Edition, SQL Server Web Edition (untuk aplikasi database web). Yang menjadi kelebihan dari SQL Server adalah fitur tambahan Transact-SQL (T-SQL). Dengan menggunakan T-SQL, dimungkinkan untuk mengatur jalannya perintah SQL dengan statement layaknya bahasa pemrograman, seperti BEGIN dan END, BREAK, CONTINUE, GOTO, IF dan ELSE, RETURN, WAITFOR, dan WHILE. Penggunaan variabel lokal juga dimungkinkan sebagai penampung data agar dapat dieksekusi oleh script. Microsoft SQL Server juga mendukung (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java.

2 Oracle

Software Development Laboratories merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan pada tahun 1977. Perusahaan ini menjadi cikal bakal dari Oracle yang kali pertama dirilis pada tahun 1979, sekaligus merupakan DBMS berbasis SQL pertama. Oracle dirilis dalam beberapa edisi, yaitu:

• Enterprise Edition (EE), merupakan edisi dengan fitur terlengkap. Lisensi yang diberlakukan oleh Oracle adalah lisensi berdasarkan per pengguna atau per processor.

• Standard Edition (SE), merupakan edisi dengan fungsionalitas dasar. Jika jumlah CPU lebih dari 4, maka user disarankan untuk menggunakan Oracle Entriprise Edition.

• Express Edition (XE), diperkenalkan pada tahun 2005, yang didistribusikan secara gratis dan dapat berjalan pada platform Windows dan Linux. Beberapa batasan yang diberikan adalah hanya dapat dijalankan pada CPU tunggal dengan maksimum 4 GB data. Walaupun dapat diinstal pada sistem dengan RAM berapa pun, namun Express Edition hanya menggunakan maksimum 1 GB memory. Dukungan untuk versi ini hanya ada pada forum, dan bukan secara resmi dari Oracle.

• Oracle Database Lite, yang ditujukan untuk berjalan pada mobile devices, dan dapat disinkronisasi dengan server based database.

3 MySQL

Pengembangan MySQL dimulai pada tahun 1994, yang dikerjakan oleh Michael Wideneus dan David Axmax, di bawah bendera MySQL AB (tambahan “My” sebelum SQL sebenarnya adalah nama dari putri Michael Wideneus, yaitu My). Rilis MySQL pertama pada tahun 1995, dan rilis untuk versi Windows pada tahun 1998. Di tahun 2008, Sun Microsystem membeli MySQL AB
(seharga $1MilIar), dan di tahun 2010, Oracle membeli Sun Microsystem (seharga $7.4 miliar) sehingga secara otomatis pengembangan MySQL berada di bawah perusahaan Oracle.

4 PostgreSQL

PostgreSQL merupakan object-relational database management system (ORDBMS) yang didistribusikan secara gratis, dan open source. Seperti halnya aplikasi open source, pengembangan postgreSQL tidak bergantung pada sebuah perusahaan, namun dikelola oleh suatu komunitas global. Pengembangan awalnya dimulai pada tahun 1982, di Universitas California, Barkeley. Versi pertamanya dirilis pada tahun 1988, dengan jumlah pengguna yang terbatas. Saat ini, PostgreSQL mempunyai dua edisi, yaitu Postgres Plus Standard Server (yang mempunyai semua fitur PostgreSQL), dan Postgre Plus Advanced Server (yang mempunyai semua fitur PostgreSQL ditambahan dengan kompabilitas dengan database Oracle). Keduanya didistribusikan secara gratis dengan dukungan penuh. Beberapa tool untuk mendukung pengolaan data pada PostgreSQL, antara lain phpPgAdmin

5 SQLite

SQLite merupakan library RDBMS yang berukuran cukup kecil (kurang lebih hanya 225KB), dengan source code yang terbuka untuk publik. Kali pertama diciptakan oleh D. Richard Hipp pada tahun 2000. Tujuan utama dari pembuatan SQLite adalah menerapkan suatu program DBMS, tanpa perlu proses instalasi database ataupun administrator. Bulan Agustus 2000, versi pertama dari SQLite dirilis. Library pada SQLite mengimplementasikan hampir seluruh elemen-elemen standar yang berlaku pada SQL- 92, dan kestabilannya telah teruji dengan baik dalam sistem operasi Windows maupun Linux. Beberapa tool yang untuk mendukung SQLite ini, antara lain sqlite3 (merupakan command line untuk menjalankan perintah SQL secara langsung), SQLite Database browser (aplikasi berbasis GUI yang digunakan

 

referensi :

Majalah PC MILD edisi 04.10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KaLeNdEr!!!

January 2012
M T W T F S S
« Oct   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

VoTe Me!!

ArSziP!!

%d bloggers like this: